Thursday, March 08, 2012

Calendar Archive untuk Blogger

Salah satu perbedaan antara blogger dan wordpress adalah di dalam wordpress terdapat sebuah widget kalender yang dapat mengindeks postingan di tiap tanggal kita melakukan posting, menampilkan archive bulanan, dan menampilkan tanggal dan bulan sekarang sedangkan blogger tidak memiliki fitur tersebut.

Salah satu dari revolusi tentang thread ini adalah di temukan oleh phydeauxredux yang melakukan modifikasi terhadap Blog Archive menjadi Calendar Archive, yang dapat melakukan indeks ke postingan berdasarkan tanggal yang ditampilkan layaknya sebuah kalendar. Akan tetapi kelemahan dari calendar archive ini adalah tidak dapat menampilkan tanggal sekarang dan tidak adanya keberlanjutan (kontinuitas) dari kalendar yang ditampilkan. Kalendar hanya menampilkan bulan dimana kita melakukan posting saja, selebihnya tidak dapat ditampilkan.

Terlepas dari kekurangan yang dimiliki oleh Calendar Archive, adanya calendar archive ini dapat mempercantik blog dan membantu melakukan navigasi ke postingan pada tanggal tertentu. Langkah-langkah pembuatan calendar archive ini adalah:

  1. Login ke Blogger dengan akun blog yang kita miliki.
  2. Pastikan blog anda telah memiliki blog archive atau jika belum tambahkan blog archive terlebih dahulu.
  3. Pilih Rancangan/Design kemudian pilih Edit HTML, sebelum melakukan perubahan ada baiknya kita melakukan backup template blog dengan mendownload template sebelum dilakukan perubahan. Ceklist pada bagian Expand Widget Templates
  4. Letakan kode css dibawah ini sebelum kode ]]></b:skin>
  5. Letakan Script di bawah ini tepat diatas </head>
  6. Cari kode <b:widget id='BlogArchive2' locked='false' title='Blog Archive' type='BlogArchive'>, kemudian ganti seluruh kode diatas dengan kode dibawah ini.
  7. Save hasil perubahan kemudian lihat hasilnya.
Lakukan modifikasi pada kode css diatas untuk menyesuaikan warna dari calendar archive sesuai dengan warna pada template di blog anda.
Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan good luck ya...!

Share on:

0 komentar:

Post a Comment